KPU Kabupaten Tangerang menerima tiga partai untuk mendaftar sebagai caleg 2024

Hukum2 Dilihat
banner 468x60

tangerang (GATRANEWS) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten tangerang baru saja menerima tiga partai politik (parpol) yang mendaftarkan calon anggota legislatif (bacaleg) untuk mengikuti Pemilihan Umum Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kabupaten 2024.

banner 336x280

Ali Zaenal Abidin, Ketua KPU Kabupaten tangerang, berbicara tentang tiga partai politik yang terdaftar, antara lain Partai Keadilan Sejahtera (PKS), PDI Perjuangan, dan Nasdem.

“Sejak kemarin (5 Oktober) baru satu parpol, yakni PKS, dan kini dua partai lagi, yakni PDIP dan Nasdem, telah mengajukan pendaftaran calon anggota legislatif untuk Pemilu 2024,” kata Ali di tangerang. , Kamis.

Ia mengatakan, dari 18 partai politik di kabupatennya yang mencalonkan diri pada pemilu 2024, hanya tiga yang mendaftar pemilu legislatif.

Menurutnya, sesuai Peraturan KPU Nomor 10 Tahun 2023, tahapan pengajuan pendaftaran caleg sudah ditentukan, yakni mulai 1 Mei hingga batas akhir pendaftaran pada 14 Mei, tepatnya pukul 23.00 WIB.

Meski demikian, pihaknya juga mengingatkan partai-partai yang akan mengikuti pemilihan umum untuk segera mendaftarkan diri ke KPU setempat.

“Sebagai penyelenggara, KPU telah mengeluarkan surat resmi kepada parpol agar bisa mendaftar atau mencalonkan calon. Mudah-mudahan sebelum batas waktu 14 Mei sudah bisa mendaftar semua parpol,” ujarnya.

Dia menjelaskan, partainya pada 15 Mei akan melakukan verifikasi terhadap semua dokumen yang dibutuhkan oleh bakal calon jika seluruh tahapan pengajuan pendaftaran oleh partai sudah selesai dan diterima oleh KPU.

“Kalau ternyata nanti ada parpol yang mengusulkan caleg, ada dokumen yang tidak lengkap seperti ijazah dll. Maka akan kami kembalikan agar bisa dilengkapi sebelum batas waktu pendaftaran 14 Mei,” dia berkata.

Ia kemudian menambahkan, selain persyaratan pengajuan dan prosedur pemeriksaan integritas administrasi bagi bakal calon, akan ada pemeriksaan keterwakilan perempuan yang dinominasikan minimal 30 persen dan akan ada satu calon perempuan untuk setiap tiga calon yang dicalonkan.

“UU mengatur bahwa saat mengajukan daftar calon anggota legislatif, setiap dapil harus menyertakan 30 persen keterwakilan perempuan,” ujarnya.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *